Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Friday, October 27, 2017

In Memoriam: Eyang

Jadi tahun kemarin, tepatnya tanggal 27 Oktober 2016, saya memaksakan diri untuk pulang ke Jogja setelah Mama saya secara 'nggak sengaja' mengupdate kondisi Eyang via whatsapp keluarga:

Ibu masuk ruang isolasi.. sekarang strock

Kira-kira begitulah. 

Padahal hari sebelumnya mama selalu bilang bahwa eyang nggak apa-apa, eyang udah baikan, dan sebagainya. Walaupun saya udah khawatir banget karena kalau di foto yang mama kirimkan, kondisinya nggak seperti yang diceritakan mama, saya mencoba untuk tetap positive thinking dan tetap berdo'a supaya kondisi Eyang membaik. Pasalnya kalau saya tanya ke tante saya, jawabannya pun sama seperti yang dijelaskan oleh mama. 

Walaupun saya sampai di Yogyakarta sekitar jam 7-8 malam, mama saya keukeuh meminta saya untuk pulang dulu dan ke rumah sakit dini hari keesokan harinya sekalian bergantian dengan keluarga om saya yang menunggui eyang disana. Sayangnya Allah SWT berkata lain. Kira-kira pukul 11 malam, tante saya menghubungi mama saya sambil menangis meminta kami sekeluarga untuk segera ke rumah sakit. 

Nggak bisa diceritakan sih perasaan saya saat itu gimana. Di satu sisi, saya seperti sudah bisa menduga bahwa saya nggak akan bisa ketemu dengan eyang saya lagi. Tapi disisi lain, saya masih berharap bisa bertemu Almarhumah, paling nggak satu kali saja sebelum (kalau memang) beliau dipanggil oleh Allah SWT. 

Ketika saya sampai di ruang isolasi ICU tempat eyang saya dirawat, saya sudah nggak bisa berdiri tegak lagi. Rasanya kaki lemas, nggak tahu mau berbuat apa. Yes, eyang yang saya sayangi dan cintai ini benar-benar sudah nggak ada. Rasanya saya pingin coba meminta ke Allah SWT buat mengembalikan Almarhumah lagi ke kami, tetapi kalau melihat perjuangan beliau selama sakit kemarin, rasanya saya sendiri yang nggak tega. 

Eyang cantik sekali! 

Wajahnya bersih, Alhamdulillah dan Insyaallah sudah nggak sakit lagi. Walaupun rasanya ada satu bagian dari hati saya yang hilang, tetapi Insyaallah saya ikhlas. Walaupun saya masih berharap bisa bertemu Eyang saya sekali lagi, tetapi Insyaallah saya ikhlas. 

Sempat saya berusaha menyalahkan kedua orangtua saya, karena tidak memperbolehkan saya menemui eyang saya segera setelah saya mendarat di Yogyakarta. Tetapi mama saya meyakinkan saya bahwa ini mungkin yang terbaik untuk saya (walaupun saya sangat ingin sekali ada ketika Eyang saya menghembuskan nafas terakhirnya). Alhamdulillah saya masih mendapat kesempatan untuk memandikan Eyang saya dan menciumnya untuk terakhir kalinya. 

Kalau kata papa saya, "Eyang itu nunggu kamu..."

Rasanya saya pingin minta maaf ke Eyang karena nggak hadir lebih cepat. Andai saja saya tahu kondisi Eyang yang sebenarnya, pasti saya nggak akan nunda-nunda untuk pulang dan menemui beliau. 

At least saya sudah puas banget menemani eyang selama saya mampu. 

Sebenarnya eyang saya pernah mengalami kondisi seperti ini, yaitu sekitar Februari 2016. Karena waktu itu saya masih kuliah lagi, saya bolos 4-5 harian untuk bisa menengok dan menemani Eyang saya selama Eyang masuk rumah sakit, walaupun selama saya disana saya nggak pernah sekalipun ketemu beliau ya karena beliau sempat tidak sadarkan diri di ICU. 

Ketika kondisi beliau mulai membaik, saya sempat menemani beliau selama lebaran. Bertiga bersama sepupu saya, saya menemani beliau selama keluarga tante saya berlebaran bersama keluarga alm. suaminya. Kalau dipikir lagi, it's been an honour for me to have that special time with her, karena ternyata tahun depannya (2017) saya nggak diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berlebaran lagi bersama beliau. 

Thank you, Eyang for all those wonderful memories. 
Semoga Eyang bahagia selalu disana bersama Eyang Kakung. 
Words can not describe how much I love you.
Semoga kita bisa ketemu lagi di Surga nanti ya Eyang...

In Memoriam Alm. Ibu Hj. Sri Wiyati Ilyas,
my beautiful grandma.
Post a Comment
Related Posts with Thumbnails