Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Wednesday, October 25, 2017

Nabung Online? Welcome to the Future!

Buat kita-kita yang lahir di Tahun 70-90-an, pernah nggak sih membayangkan perkembangan teknologi di Indonesia sampai sekarang? Kalau saya pribadi sih nggak menyangka ya, walaupun saya turut menikmati proses perkembangan tersebut, khususnya dengan adanya internet, yang mulai dari era 0809-8-9999 (yang butuh waktu 2-5menit untuk bisa online, dengan biaya Rp 9.000,- PER JAM!) sampai sekarang dimana kita bisa pasang wifi dirumah sendiri, bahkan dengan fiber optic! Saya ingat betul jaman-jaman saya hobi banget membuat situs sederhana di Geocities, bikin email baru hampir setiap bulan dengan variasi nama bermacam-macam, hingga browsing di Yahoo.com!

Adanya internet ini membuat saya merasa hidup saya jauh lebih mudah. Kalau jaman dulu update berita cuma bisa kita dengar setiap jam 7 (atau 9 Malam??) lewat Seputar Indonesia (or else), sekarang bahkan dengan membuka situs berita online, semua yang kita cari bisa kita temukan. Ada hal baru juga yang ternyata bisa saya lakukan dengan adanya internet, yakni MENABUNG ONLINE! Perkembangan fintech di Indonesia yang cukup pesat membuat kita nggak perlu repot-repot datang ke Bank atau Koperasi untuk nabung uang nganggur yang kita miliki, tetapi tinggal menggunakan internet! How cool is thaaaaattt? 

Tabungan Online ini ditawarkan semenjak 3 bulan lalu oleh KSP SahabatMitraSejati (KSP SMS) berkolaborasi dengan PT. Bank Sahabat Sampoerna. KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses layanan SID BI (Sistem Informasi Debitur – Bank Indonesia) dan Sistem Layanan Informasi Keuangan/SLIK yang diluncurkan oleh OJK. Tabungan yang diberi nama SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) ini sama seperti tabungan biasa, kok! Konsep dari tabungan online ini adalah ‘nabung lebih mudah, dimana saja dan kapan saja’. 

dari Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga sampai Karyawan bisa registrasi!

Karena penasaran, saya coba deh download aplikasinya di ponsel saya, dan dalam waktu nggak sampai 5 menit, saya sudah punya tabungan baru dengan nomor rekening yang notabene adalah nomor handphone saya sendiri. Oh iya, karena SOBATKU sedang ada program Undian Berhadiah yang diundi setiap 1-3 bulan sekali, saya memutuskan untuk registrasi pengguna upgrade. Hanya dengan mengunggah kartu identitas yang saya miliki,  saya bisa mengumpulkan poin SOBATKU dan memenangkan hadiah undian mulai dari Rp 100.000,- hingga Grandprize sejumlah Rp 100.000.000,-. Langsung semangat dong, kapan lagi berkesempatan ikut dalam Undian Milyaran Rupiah tanpa harus melalui proses yang sulit, alias tinggal duduk manis di rumah?


Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh SOBATKU. Yang pertama adalah menabung lebih mudah, yakni tidak hanya dengan menabung melalui transfer bank (dengan bantuan virtual account) atau ‘titip’ dengan teman yang memiliki akun SOBATKU, kita juga bisa setor tunai di Alfamart atau Alfamidi terdekat. Caranya tinggal ajukan permintaan setor tunai ke kasir melalui ‘Top Up Loket Sahabat’ dan sebutkan nomor rekening (yang juga nomor handphone) kamu ke kasir, dan uang nganggur yang kamu punya bisa langsung masuk ke rekening SOBATKU yang kamu miliki. Begitu pula dengan penarikan tunai, yang bisa kamu lakukan di Alfamart atau Alfamidi terdekat dengan bantuan kasir. Jangan khawatir, menabung dan tarik tunai di Alfamart atau Alfamidi tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Aplikasi SOBATKU sendiri juga bisa kamu pakai untuk melakukan transaksi rutin bulanan lho, misalnya pembayaran listrik, PDAM, TV, dan lain sebagainya. Transaksi yang terjadwal ini bisa diatur sesukamu dalam aplikasi, sehingga bisa menghindarkan kita dari pemutusan listrik dan air karena lupa bayar! 

Sebagai aplikasi berbasis fintech, ada beberapa lapisan keamanan yang dimiliki SOBATKU. Selain Personal Identification Number alias PIN, terdapat OTP atau One Time Password yang hanya dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar serta Security Question – Answer, yang memerlukan tingkat berlapis apabila mau digantikan. Jadi, pastikan lapisan keamanan yang kamu miliki tidak diketahui orang lain ya untuk menjaga keamanan tabungan online kita!

Jadi, ada yang penasaran dan berencana daftar juga? Yuk! Jangan sampai uang nganggur kita berubah jadi barang yang nggak penting LOL *curhat*

 
Post a Comment
Related Posts with Thumbnails