Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Sunday, June 12, 2016

Inspiring: 2 Days 1 Night (Variety Show Korea)

Okay, panggil saya telat banget karena baru mulai nonton korea sekarang LOL.

Saya baru memutuskan untuk mencoba nonton Korea awal tahun ini. Awalnya diracunin temen, karena dia bilang ada 1 drakor yang bagus dan yang main super duper ganteng. Serial pertama saya adalah It’s Okay That’s Love yang dibintangi si ganteng Jo In Sung. 

Jo In Sung

Teman saya beralih ke beberapa drakor lain dan salah satu variety show yang lumayan ngetop di Korea Selatan sana, yaitu Return of Superman. Saya juga, sih, dan akhirnya jatuh cinta dengan Triplets!

Triplets - Daehan, Minguk dan Manse!

Yang mau saya bahas hari ini adala satu satu variety show juga, yang nggak kalah ngetren dari Return of Supermanyaitu 2 Days 1 Night. Teman saya menyarankan untuk nonton serial ini, langsung ke Season 3 karena katanya lucu banget. Awalnya saya pesimis sih, karena di episode 1 nggak lucu-lucu banget. Yang ikut di tv show ini juga nggak ganteng-ganteng banget (macem Jo In Sung). Lucunya pun agak-agak 'jahat' dan sarkastik (biasa, awal nonton agak judgemental). Saya sempat mikir, ini orang Korea bikin tv show ada-ada aja banget, sih. Apa fungsinya coba?

Defcon - Juhyeuk - Tae Hyun (Cintaku) - Jong Min - Joonyoung - Junho

Lama-lama saya mulai suka. Hampir setiap ada waktu senggang saya buka youtube cuma buat nonton ini. Bikin ngakak sendiri lah, pastinya setiap nonton ini. Tapi ada satu hal yang saya kagum setiap nonton, pemandangannya! Yes, jadi 2 Days 1 Night ini ceritanya adalah sebuah variety show yang isinya 6 selebritis di Korea, mulai dari penyanyi, pemain drama korea dan komedian. Mereka akan bertemu dan menghabiskan 2 hari 1 malam bersama-sama di lokasi yang berbeda-beda setiap minggunya. Mereka nggak boleh mengeluarkan uang dari kantong mereka sendiri, dan nggak boleh menentukan mau menginap dimana. Jadi mulai dari transport, makan, sampai akomodasi semua ditentukan oleh sang sutradara Yoo Ho Jin dan staf 2 Days 1 Night, bahkan kadang koper dan barang bawaan mereka harus mereka bawa sendiri. 1 Kali 2D1N pergi, nantinya bisa terpisah menjadi 2-3 episode. 

Ternyata setelah saya nonton beberapa episode, tv show ini memang bertujuan untuk memperkenalkan keindangan Korea Selatan ke dunia. Lokasi yang ditampilkan di tv show ini pun bermacam-macam, mulai dari Museum yang terletak di Seoul yang bisa dijangkau dengan mudah, sampai Pulau Jeju-do mengunjungi keluarga Joonyoung. Sebagian lokasi yang dipakai memang bukan lokasi yang mudah. Keenam member 2D1N kadang harus naik turun lembah untuk mencapai lokasi tersebut, tapi memang bagus banget sih pemandanganya. 

6 member 2D1N membawa koper dan berjalan menuju lokasi basecamp

Episode favorit saya sementara adalah Episode berjudul Going to Seoul National University. Disini para member diberikan beberapa game terkait dengan SNU, misalnya mencari mahasiswa dengan kriteria spesifik, mengikuti kuliah dosen tertentu serta kuis yang harus diikuti untuk menentukan lokasi tidur (di dalam dorm atau camping di rooftop SNU), yang dilakukan bersama 1 partner mahasiswa dari SNU. 

picture taken from here

Secara nggak langsung, 2 Days 1 Night telah memperkenalkan keindahan Korea Selatan, walaupun melalui kekonyolanan para membernya. Selain itu, 2D1N juga ternyata berhasil memperkenalkan tentang SNU lebih jauh, sehingga para pelajar yang mungkin sedang mencari informasi tentang SNU bisa memahami dan mengetahui lebih jauh mengenai keadaan dan lokasi dari universitas yang masuk dalam Top 50 di QS World University Ranking 2015-2016. Buktinya, setelah nonton itu saya langsung menghabiskan hampir 1 jam untuk browsing mengenai program PhD di SNU (LOL). 

Semoga variety show di Indonesia bisa mencontoh hal-hal yang seperti ini, ya. Sebenarnya mungkin di Indonesia sudah banyak tv show yang menceritakan tentang keindahan Indonesia, tetapi sayangnya mungkin cara packagingnya tidak semenarik 2D1N. 2D1N sendiri menurut saya sangat menarik karena tidak hanya menghadirkan pemandangan yang indah tapi juga yang paling utama adalah menghibur. Sayangnya, acara hiburan di Indonesia masih didominasi oleh acara musik yang sebagian besar nggak mutu. 

Buat yang penasaran dengan 2D1N, bisa mengunjungi channel youtube KBS World TV atau playlist ini ya.. Selamat menonton!

Post a Comment
Related Posts with Thumbnails