Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Wednesday, May 4, 2016

Membatalkan Tiket KAI? Mudah, banget!

Assalamu'alaikum!
LONG WEEKEND TELAH TIBA!
*krik krik krik*
I've been waiting for this day sejak 3 bulan yang lalu sebenarnya. 
Karena tiket untuk pulang long weekend ini sudah dibeli 3 bulan yang lalu, tepat 90 hari sebelum tanggal ini (berhubung naik kereta, jadi belinya 90 hari sebelumnya). Believe it or not, saya beli tiket jam 8 pagi, dan seluruh tiket sudah SOLD OUT, sehingga saya terpaksa beli tiket H-2 hari libur dan H+1 hari libur (alias harapannya suami cutai, krn saya waktu itu belum kerja). 

Sayangnya bulan kemarin saya keterima kerja, dan berhubung baru 1 bulan (dan awal bulan, which means TANGGALNYA BIKIN LAPORAN - anak akunting pasti ngerti banget) saya jadi nggak enak dan nggak bisa cutai. Alhasil, tiket yang sudah dibeli dari jauh-jauh hari terpaksa saya batalkan. 

Tiket kereta sendiri bisa dibatalkan maksimal 1 jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan. Kalau kita membatalkan tiket mepet (at least 1 jam sebelum keberangkatan), nggak perlu antri jadi langsung isi formulir pembatalan dan langsung ke loket. Paling disirikin sama mbak-mbak atau mas-mas yang sudah mengantri lama. 

Kalau membatalkan tiket dari jauh-jauh hari, gimana dong?
  1. Datang ke stasiun yang menerima pembatalan tiket. Kalau di Jakarta, bisa di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Serang & Stasiun Rangkas Bitung (credited from here)
  2. Bawa identitas diri yang tertera pada tiket. Misalkan yang tertera nomor KTP, ya bawa KTP asli dan fotokopiannya.  
  3. Note : Kalau 1 kode booking terdiri dari lebih dr 1 tiket (misal 2-4 nama), fotokopi KTP cukup 1 aja bisa. Tetapi kalau kode bookingnya berbeda-beda, amannya masing-masing nama ada fotokopi identitas dan surat kuasa ya, kalau yang mengurus orang lain.
  4. Isi formulir pembatalan yang terdapat di stasiun. 1 kode booking, 1 formulir ya... 
  5. Ambil nomor antrian. Sebenarnya nomor 5 ini lihat-lihat kondisi, sih. Kalau antrian banyak, lebih baik ambil nomor dulu baru isi formulir. 
  6. ANTRI dan Menunggu Panggilan!
Harus SUPER DUPER SABAR, YA! Minggu lalu saya datang ke Stasiun Gambir, sekitar jam 4 - setengah 5an. Datang, langsung dengan pede isi formulir dan ambil nomor antrian. ENG ING ENG, saya dapat antrian nomor 447, sedangkan waktu saya datang antrian baru sampai nomor 290. Setelah menunggu hampir satu jam dan antrian baru sampai nomor 315, akhirnya saya dan suami jalan-jalan dulu. Pukul 7 malam kami belum menyerah, sebenarnya karena hujan dan arah pulang melewati Stasiun Gambir jadi kami mampir dulu sekalian antri. Ternyata kami dapat antrian nomor 499, sedangkan waktu kami datang antrian sudah mencapai 485. Nggak sampai setengah jam kami antri, akhirnya kami dipanggil juga dan diproses! ALHAMDULILLAH!

Untuk refund pembatalan tiket, dipotong biaya administrasi 25% ya.. Pembayaran disebutkan 30 - 45 hari, bisa via transfer ke rekening yang kita tulis di form atau diambil langsung (sepertinya lebih rumit, ya, apalagi kalau harus antri. Jadi saran dari saya mending ditransfer saja, sama-sama lama kok LOL). 

SELAMAT MEMBATALKAN TIKET!
& Selamat Liburan buat yang nggak perlu membatalkan tiket ya...

Wassalamu'alaikum,


Post a Comment
Related Posts with Thumbnails