Sunday, February 14, 2016

Suatu Siang dengan Tiket.com

Hari ini tanggal 14 Februari. Sebenarnya saya (dan suami) nggak merayakan Valentine, sih. Kalau mengutip status mba Kirana dari FB, tapi sayang juga kan melewatkan diskonan coklat yang ditawarkan beberapa swalayan disekitar kita. Saya akhirnya ‘cuma’ membeli Delfi Buy 2 Get 1 Free di Indomaret, sih. Lumayan lah untuk mengisi euphoria Valentine tahun ini.

Saya hari ini nggak kemana-mana, sih. Tapi karena nggak kemana-mana itu malah jadi browsing banyak hal, apalagi karena banyaknya promo belanja murah di Valentine Day. Mulai dari belanja kebutuhan pokok sampai tiket liburan! Jadilah saya Cuma bisa manyun browsing segala hal tentang liburan sambil hitung-menghitung, siapa tau bisa mengajukan proposal honeymoon ke sekian kali sama suami.

Salah satu yang memberikan promo di Valentine Day kali ini adalah Tiket.com. Teknologi (dan koneksi Wifi yang sangat mendukung) memang berlawanan banget sama yang namanya dompet. Lewat aplikasinya, Tiket.com kasih promo Appsclusive untuk menginap di hotel-hotel dari Bandung sampai Bali dengan harga yang sangat terjangkau! Yang saya coba lihat-lihat dan bandingkan sih Karma Kandara di Bali, dimana 1 BR Villa dengan Pool dihargai dengan Rp 5,3 Juta / Malam, dan saya Cuma bisa melongo ketika membandingkan harga hotel ini dengan travel agen online sebelah. Selisihnya bahkan ada yang sampai Rp 3 Juta! Di satu sisi saya nggak pingin melewatkan kesempatan ini. Tapi disisi lain dompet saya mengatakan sebaliknya LOL!

Berhubung saya sudah membeli tiket kereta api ke Jogja (melalui aplikasi Tiket Kereta Api milik Tiket.com juga LOL) pada bulan Mei besok, saya mulai browsing dengan realistis : sesuai rencana perjalanan dan budget juga. Berhubung saya dan suami berasal dari Jogja, kami hanya membutuhkan 3 hari 2 malam saja sih di hotel, supaya aura honeymoon lebih terasa (harap maklum, kami berdua memang pasangan lebay LOL). Hasilnya saya nggak henti-hentinya melongo. Antara hotel di Jogja memang murah-murah banget atau promo Appsclusive yang kelewat juara, karena rata-rata hotel bintang 3 bisa masuk di harga Rp 250 Ribuan. Alhamdulillahnya juga, promo ini berlangsung selama bulan Februari 2016, jadi saya masih punya waktu untuk browsing lebih lanjut tentang kondisi hotel dan rencana perjalanan saya. Berhubung di Tiket.com ini juga menyediakan pembelian untuk tiket event dan tiket attraction, saya jadi tambah semangat siapa tahu ada penawaran tiket untuk keduanya pada tanggal liburan saya ke Jogja Mei 2016 besok.

 photo 20160213_122259.jpg
#NgopiBarengTiket

Saya jadi ingat acara yang saya hadiri kemarin, yakni acara #NgopiBarengTiket, yang merupakan acara sharing session antara Tiket.com dengan emak-emak keceh dari KEB (Komunitas Emak Blogger). Saya beruntung banget bisa jadi 50 blogger yang terpilih untuk ikut, karena waktu itu Cuma iseng isi form dari status mbak Nuniek aja. Ternyata acaranya bagus banget! Berbeda dengan acara sharing yang biasa saya hadiri, kali ini saya benar-benar memperoleh banyak ilmu sebagai blogger, baik dari pihak blogger sendiri (Mbak Nuniek sebagai Moderator dan Mba Indah Juli dari KEB) maupun dari pihak Tiket.com sendiri.
 photo 20160213_123457.jpg
Mba Nuniek dari Nuniek.com sebagai Moderator

Acara dimulai pukul 11.30, yang diawali dengan makan siang dan sholat terlebih dahulu. Selalu seneng deh kalau ada acara di Hongkong Cafe, makanannya selalu enak-enak! Apalagi desertnya kali itu, yang sayang banget nggak sempat saya foto karena keburu habis ketika sampai di tangan. Acara dibuka dengan perkenalan Tiket.com oleh Co-Founder Tiket.com, yakni Mas Gaery Undarsa. Mas Gaery menyebutkan bahwa di tahun 2015, penjualan di tiket.com sudah mencapai lebih dari 3.000.000 booking, baik untuk tiket sampai attraction.

Jujur, saya nggak nyangka kalau jumlahnya sudah mencapai setinggi itu, tetapi saya nggak begitu kaget sih karena sampai sekarang kalau orang tua saya meminta dicarikan tiket pesawat, Tiket.com merupakan situs travel online yang pertama kali saya buka. Selain karena namanya yang sudah familiar, saya merasa lebih safe ketika melakukan transaksi di sini, karena sepanjang pengalaman saya melakukan pembelian tiket, baik tiket pesawat maupun kereta api melalui situs Tiket.com, saya nggak pernah memperoleh permasalahan dengan segala macam platform pembayaran, baik melalui transfer, e-commerce payment maupun kartu kredit.

Hal ini ternyata juga diperkuat oleh Mas Gaery, yang menyebutkan bahwa proses pembayaran terutama kartu kredit di Tiket.com dilakukan melalui proses 3Ds, sehingga setiap transaksi yang akan dilakukan akan membutuhkan kode yang akan dikirimkan ke nomor handphone pemilik kartu kredit. Saya pernah lho, gagal ketika pembayaran tiket pesawat. Jadi ternyata nomor handphone yang terdaftar di kartu kredit orang tua saya nomornya terbalik (salahkan admin bank penerbit kartu kreditnya), jadi ya sampai tahun baru monyet (tahun ini, dong!) nggak akan sampai konfirmasi kodenya.

 photo 20160213_124729.jpg
The Infamous Mak Jul
yang jauh-jauh dari Jogja buat sharing bareng KEB & Tiket.com

Acara #NgopiBarengTiket dimulai dengan sesi sharing dengan blogger ternama, Mak IndahJulianti yang membagi informasi mengenai bagaimana cara memperoleh pendapatan dari blog kita. Ternyata blogger-blogger kece yang sekarang banjir job seperti Mak Jul ini membutuhkan waktu lebih dari 8 tahun ngeblog sebelum akhirnya memperoleh job pertamanya. Kuncinya Cuma dua : Jujur dan Jangan Perhitungan dengan Klien, dan apabila kita menjaga hubungan baik dengan klien itu juga nggak kalah penting!

Sesi kedua dimulai dengan sharing mengenai afiliasi di Tiket.com. Bapak Novasta menjelaskan betapa mudahnya memperoleh pendapatan dengan bergabung sebagai partner afiliasi Tiket.com, yang juga menghadirkan salah satu partner yang berhasil, yakni Bapak Adam dari TravelKita.ID. Ternyata nggak sulit dan lumayan banget, hasilnya, lho! Mbak Nuniek juga memperkuat pernyataan Pak Adam, karena Mbak Nuniek sendiri sudah memasang widget Tiket.com di websitenya.

Acara diakhiri dengan tanya jawab dan doorprize. Sayangnya saya harus pulang duluan karena ada arisan RT di komplek (ROFL), padahal Doorprizenya Tiket PP 3D3N Jakarta - Balikpapan untuk 2 orang! Walaupun begitu, Sebagai pengguna Tiket.com saya merasa sangat beruntung bisa ikut dalam sesi #NgopiBarengTiket, karena saya memperoleh ilmu tidak hanya mengenai Tiket.com sendiri tetapi juga mengenai bagaimana cara menjadi professional blogger yang tetap memperhatikan integritas.

Thank you Tiket.com for having me di #NgopiBarengTiket. Thank you Mbak Nuniek dan Mak Jul atas semua ilmu yang dibagikan! Semoga semua ilmu yang dibagikan bisa segera saya aplikasikan, sembari saya belajar lebih lanjut.

 photo IMG-20160213-WA0009.jpg
 Thanks Tiket.com & KEB!
Anw, Muka saya kurus keliatannya ya kalau dibandingin badan 
*OOT*
 
Post a Comment
Related Posts with Thumbnails