Sunday, February 14, 2016

Comfort Food : Another Murmer Food!

 Comfort Food yang mau saya bicarakan dibawah ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Dari saya Kuliah, atau bahkan mungkin SMA, di Jogja. Dulu sih saya bisa dibilang jarang makan disini. Kenapa? MAHAL!

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

Waktu saya di Jogja, makan disini itungannya kaya makan besar. Sekali makan bisa habis Rp 40 Ribu lebih. Nasi, Lauk, Sayur, bahkan sambelnya aja mahal! Maklum, di Jogja dulu waktu saya kuliah Rp 10 Ribu aja sudah bisa makan penyetan. Bahkan saya kalau lagi kere karena kebanyakan online shopping (Yes, dari saya kuliah tahun 2006 lalu saya udah mulai jualan online, jadi saya otomatis mulai belanja online juga), kadang saya makan nasi, kuah sayur sama tempe goreng yang totalnya paling mahal Rp 5 Ribu. 


Selama saya di Jakarta, dan akhirnya pindah Depok, susah menemukan makanan yang benar-benar bisa makan kenyang tapi dengan budget terbatas. Plus suami saya juga agak susah, kalau makanannya kebule-bulean, walaupun enak, dan kalau makanannya agak mahal suka protes. Intinya susah lah menemukan makanan yang kami berdua sama-sama suka dan cocok disini. 

Nggak tahu mulai kapan, kami sering sekali ke Warung SS (Super Sambal). Dari waktu warungnya masih agak kecil di Margonda, sampai sekarang sudah pindah ke seberangnya! Awalnya kami sebulan sekali makan disini, sampai beberapa bulan terakhir ini bisa 2-3x sebulan. SS ini tempat makan yang kami akan dengan mudah setujui kalau kami ingin makan diluar tapi stuck, nggak bisa memutuskan makan dimana saking banyaknya opsi. 

Dan ini menu yang kami (hampir selalu wajib) pesan setiap kami datang. 

segini banyak, dengan nasi 3 piring dan air es 3 gelas 
plus es teh manis 1 gelas cuma habis 60rb

1. Jamur Goreng
Jamur Goreng ini merupakan pengganti lauk buat kami. Nggak terlalu berat, dapet banyak dan murah! Saya lebih suka makan Jamur Goreng dibanding Ayam Goreng kalau sudah sampai SS, mungkin salah satunya karena saya jarang menemukan warung yang jualan jamur goreng kering enak dengan harga murah. Selain itu, jamurnya juga nggak terlalu asin, malah lebih nggak ada rasanya sih, jd cocok banget kalau dicocol sama sambel SS. Jamur yang ada difoto ini sebenarnya 2 porsi yang digabung jadi 1, tapi percaya deh ini buat 2 orang (dan 3 nasi, karena suami saya nambah) mah udah lebih dari cukup dehh!

2. Terong Goreng Kering
Terong Goreng Kering, bahkan setiap saya tulis menu, saya selalu tambahkan kata-kata 'kering' di sebelahnya LOL. Menu ini sebenarnya kami pertama kali coba di Jogja. Karena enak, ketika makan di SS lagi, kami pesenlah menu ini lagi. Sayangnya si terong goreng ini kurang kering, jadi rasanya agak 'engep' karena minyaknya masih banyak. Oleh karena itu kami selalu pesen Terong Goreng Kering. Percaya deh, enak banget!!!
Terongnya sebenarnya gampang kok masaknya, tinggal menemukan komposisi bumbu tepung yang enak aja, karena terongnya sendiri dalemnya nggak dibumbuin apa-apa. Cocok banget kalau buat cocol-cocol sambel, karena sambel bawang yang kami pilih biasanya agak asin, jadi pas banget laahh!

3. Sambel Belut
Kalau ini kesukaan suami saya. Sambel Welut, atau Sambel Belut. Basicnya Sambel Bawang, tetapi diberi belut yang disuwir kecil-kecil. SS ini jeleknya satu, kadang komposisi rasanya belum begitu konsisten. Kadang waktu kami datang, sambelnya bisa pedes banget, dan di kedatangan kami berikutnya sambelnya bisa jadi nggak terlalu pedas. Kadang jumlah juga nggak terlalu konsisten, hari ini misalnya jumlah sambel welut sedikit lebih banyak dibanding porsi ketika kami terakhir kesana. 
*Saking seringnya makan disini*

4. Sambel Rempelo Ati
FAVORIT SAYA BANGET, NIH!
Sebenarnya Sambel SS itu yang juara sambel bawangnya. Jadi semua sambel yang basicnya Sambel Bawang, salah satunya sambel rempelo ati ini, sudah pasti enak! Ini selain sambel juga bisa dijadikan lauk, harganya juga murmer cuma Rp 3.500,- kalau saya nggak salah. Kebetulan hari ini sambel yang kami pesan agak keasinan sih, cuma tetep enak mungkin karena padu padan lauk kami sudah cocok banget satu sama lain. 
*Glek, nonton foto aja udah bikin nelen ludah*

5. Tambahan - Tempe, Cumi Goreng, dsb
 Saya hari ini menambah Tempe dalam daftar pesanan saya. Buat yang mau merasakan sensasi lain, pesan Tempe Tepung deh! Menurut SS, Tempe Tepung ini salah satu signature nya SS. 

Alamat SS :
Jl. Margonda, Depok
Kalau dari arah Margo City ke Selatan lagi, 100 Meter dari Lampu Merah Juanda
(Seberang Coffee Toffee kalau nggak salah)

SELAMAT MAKAN SAMBAL!
Post a Comment
Related Posts with Thumbnails