Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Saturday, June 13, 2015

Happy Mommy, Healthy Baby!



Walaupun belum diberi kepercayaan sama Allah buat dapet momongan dan dedek bayi, waktu kmrn mba Anggie dari Mommies Daily share di Path tentang event ini, saya (sebagai perempuan yang nggak bosen belajar tentang baby thingy) langsung tertarik. Setelah maju mundur, ternyata saya diundang MommiesDaily buat ikutan langsung acaranya. Langsung happy dong, tanpa babibu langsung semangat plus googling dulu mengenai Kamillosan ini.

Acara ini dimulai jam 9 pagi di Hongkong Cafe Thamrin, yang merupakan kerjasama dari MommiesDaily dengan Kamillosan & Transpulmin sebagai penyelenggara acara. Acara yang berjudul Happy Mommy Healthy Baby ini dibagi dalam 4 sesi. Sesi pertama diisi oleh Mba Verra Oktaviani selalu Product Manager Transpulmin dan Kamillosan.

Mba Verra Oktaviani  membuka acara ini dan menjelaskan secara singkat mengenai manfaat dari 2 produk ini, yang ternyata sangat bermanfaat banget buat Ibu dan baby. Kamillosan bisa digunakan Ibu untuk meredakan nyeri dan radang di puting payudara ketika menyusui (atau sering disebut sebagai mastitis) dan buat baby untuk mengatasi ruam popok, sedangkan Transpulmin bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah influensa pada bayi. Duh, nggak kebayang deh kalau baby sakit, ponakan sakit aja disini rasanya ikutan khawatir. Transpulmin ini bisa menghangatkan badan baby yang sedang influensa, dan bisa digunakan bagi Ibu juga lho yang mengatasi masalah pernapasan. 


Sesi kedua diisi oleh narasumber kedua, yakni Anna Surti Ariani, Spsi, Msi, Psi – Psikolog Anak dan Keluarga yang akrab dengan sapaan Mba Nina. Mba Nina mengisi sesi kedua dengan tema “Percaya Diri, Pondasi Orang Tua Bahagia.” Ternyata percaya diri merupakan salah satu kunci kebahagiaan orangtua, lho, terutama Ibu. Kok bisa, sih?

Percaya Diri ternyata berdampak pada ASI

Mba Nina menjelaskan bahwa Ibu yang percaya diri biasanya lebih tenang dalam mengatasi segala sesuatunya. Orang tua yang percaya diri disebutkan Mba Nina dapat menghasilkan anak-anak yang sehat. Apalagi buat Ibu yang sedang memberikan ASI bagi babynya (BUSUI), karena sudah tau dong kalau salah satu kunci utama ASI adalah oksitosin yang dengan mudah diperoleh dari ‘feeling happy’ atau perasaan bahagia. Ibu yang penuh kekhawatiran biasanya malah dilanda banyak masalah, salah satunya bisa berdampak ke hormon yang ujung-ujungnya bisa berpengaruh pada produksi ASI.

Salah satu contoh yang diberikan adalah masalah menerapkan disiplin mandi pada anak. Buat saya (yang paling malas mandi) tentu itu adalah masalah yang mungkin susah banget diterapkan. Tetapi ternyata apabila kita dengan yakin dan percaya diri menerapkan aturan disiplin mandi pada anak, hal tersebut dapat berdampak pada mental anak kita sendiri. Anak yang disiplin dan diajari mengenai aturan sejak dini akan terbentuk menjadi pribadi yang teratur, dan begitu pula sebaliknya. Sayangnya masalah ‘kecil’ ini kalau dibiarkan ternyata bisa memberikan dampak jangka panjang yang buruk, beberapa diantaranya adalah kurang mandiri, mau menang sendiri, dan kurang bisa mematuhi aturan pada saat dewasa.

pembagian kartu berisi sifat-sifat yang dimiliki mommies

Kemudian dipenghujung sesi 2, Mba Nina membagikan sebuah kartu yang isinya adalah kartu mengenai sifat-sifat mommies. Cukup mengharukan, karena Mba Nina meyakinkan semua Ibu yang hadir disitu bahwa semua sifat yang tertera di kartu yang mereka dapat sekarang mungkin belum mereka lakukan, tetapi yakinlah bahwa sifat itu sudah mereka miliki, dan menunggu untuk dieksekusi!

sifat mommies - sudah kita miliki, kok! tinggal diterapkan! - @AnnaSurtiNina

Sesi ketiga diisi oleh Dr. Yohmi. Dr. Elizabeth Yohmi, SpA adalah Ketua SATGAS ASI IDAI. Sesi ketiga ini diisi oleh presentasi singkat mengenai pentingnya ASI bagi baby. Yang saya baru pelajari disini adalah ternyata ASI itu mengandung komposisi dan manfaat yang berbeda-beda lho. Komposisi ASI ketika baby 0-6 bulan sampai bahkan 2 tahun tidak pernah sama, selalu menyesuaikan kebutuhan baby dan balita sesuai dengan usianya. WOW! Padahal setahu saya nggak ada makanan yang wajib dikonsumsi sesuai dengan usia bayi, ajaib banget, kan? ASI juga disebutkan sebagai satu-satunya yang aman dikonsumsi newborn baby, terutama karena protein dari ASI sesuai dengan kondisi dinding usus baby.


Dr. Yohmi menjelaskan banyak lagi manfaat ASI, salah satunya mengenai bonding antara Ibu dan baby. Oleh karena itu, Dr. Yohmi menyarankan buat bumil yang sudah berencana ingin memberikan ASI Eksklusif, lebih baik mencari rumah sakit yang sekiranya mendukung hal itu juga. Rumah sakit yang mendukung ASI Eksklusif biasanya memperbolehkan Rawat Gabung antara Baby dengan Ibu di 24 jam pertama. Ternyata bisa, ya? Coba check rumah sakit yang mau kamu tuju, ya... 

dr. Yohmi mencontohkan cara menyusui yang benar & nyaman

ASI - ada yang lebih baik?

 Sesi keempat diisi oleh tanya-jawab. Ada Ibu yang menanyakan mengenai permasalahan antara Ibu dengan Mertua, mulai dari masalah tinggal bersama setelah melahirkan, perbedaan pola asuh, dan lain sebagainya. Mba Nina menjawab hal ini dengan satu hal : Percaya Diri sangat penting, tetapi apabila terkait dengan orang tua (termasuk mertua), harus perhatikan perasaan beliau juga ya. Hindari kata-kata yang tajam dan dapat melukai perasaan, karena orangtua kan selalu ingin dihargai. Sesi ini ramai banget, bahkan ada ayah yang bertanya juga mengenai masalah ASI. Senangnya kalau banyak ayah SIAGA yang mulai tanggap tentang ASI.

sesi tanya jawab

Sebelum berakhir, Transpulmin dan Kamillosan mengadakan sebuah games untuk mengenakan popok kain pada bayi hanya dalam waktu 30 detik. Games ini diikuti oleh 3 peserta, salah satunya Peni dari FD *dadah-dadah sama Peni* yang juara 3. Nggak apa ya Peni, kan masih ada 4 bulan buat belajar hihihi. 

pemenang Diaper Games! hebaaatt cepet banget!
*picture credited to MommiesDaily

Acara diakhiri dengan menulis dan menempel harapan Ibu yang hadir mengenai anak-anak dan dirinya sendiri. Ada yang menulis ingin anaknya menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, ada yang ingin anaknya lahir dengan sehat, dan masiihh banyak lagi. Duh, senangnya... langsung mellow karena belum diberi kepercayaan sama Allah hihihi.

Seneng banget ikutan Parenting Class seperti ini. Ternyata ilmu yang diberikan bermanfaat banget, walaupun buat yang belum memiliki keturunan. Karena ternyata Happy Mommy sangat dibutuhkan bahkan ketika kita sedang hamil. Nggak mau dong baby di dalam kandungan ikut stres karena kita banyak pikiran ketika hamil?

Thank you Kamillosan & Transpulmin!
Thank you MommiesDaily!

We really have a great time! Apalagi sebelum pulang dibagi goodiebag yang sangat menarik banget! See you in another event... Semoga Kamillosan & Transpulmin segera bikin acara parenting class yang asik lagi ya...

Buat yang mau belajar lebih banyak dan tahu lebih banyak tentang Kamillosan & Transpulmin, jangan lupa like dan follow ya di :
Facebook : Kehangatan Ibu
Twitter : @KehangatanIbu

Post a Comment
Related Posts with Thumbnails