Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Thursday, June 25, 2015

Buka Puasa Sehat : 'Fried' Quinoa

Sudah berbulan-bulan lamanya saya menjalankan hidup sehat. Sebenarnya lebih ke sok sehat sih, habis kalau pas cheating-day ga kira-kira kadang-kadang, pernah pesen McD jam 11 malem karena kelaperan ga jelas *ya sama aja keleeuss*

Kalo hidup sehatnya lagi kumat, nasi sebisa mungkin dijauhin. Sebenarnya saya masih makan nasi sih, mostly merah tp putih juga masih, apalagi kalau lagi malas masak dan ujung-ujungnya beli nasi di warteg, mana ada nasi merah? Hehehe

Berhubung bulan puasa, beberapa hari ini buka puasa pakai Quinoa (walau sesekali masih mengandalkan warteg langganan). Quinoa itu apa sih? Menurut Wikipedia, Quinoa atau Kinoa merupakan serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan AndesAmerika Selatan. Kinoa disebut serealia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian. Daunnya dapat dimakan pula, sebagaimana bayam biji. Biji kinoa sangat ideal sebagai sumber gizi karena mengandung karbohidrat dan protein asam amino esensial yang lebih tinggi, juga sejumlah kalsium, fosfor, dan besi. Quinoa seringkali disebut sebagai salah satu superfood, karena kandungan nutrisinya yang lumayan banyak. Saya pribadi suka sekali dengan quinoa, karena rasanya masih lebih bersahabat dibanding 'nasi merah', tetapi tingkat kalorinya kalau nggak salah lebih rendah. Cara memasaknya pun mudah banget, kalau saya pakai rice cooker biasa. 

Berhubung kemarin kangen sama nasi goreng, akhirnya kepikiran buat bikin Fried Quinoa alias Quinoa Goreng. Sebenarnya ga fried-fried banget sih, karena masaknya pakai unsalted butter dan minyaknya cuma 1 sendok makan. Aku share sedikit ya cara memasaknya.. Gampang bgt karena disini alirannya praktis jadi pake bumbu jadi hahahaha..

Quinoa dan Bumbu Jadi yang saya pakai. Quinoa bisa beli di Ranch Market atau Kemchicks atau Hero, mau pake merk Bobsmill atau merk Ranch bebas.. karena sama kok semua. 

Cara masak Quinoa. 
Takaran airnya pun hampir sama kaya beras biasa, kok, cuma karena saya suka agak 'lembut' jadi takaran air saya selalu 1 buku jari (bukan 3/4 seperti kalau masak nasi). 

Bukan iklan berbayar, Rice cookernya pun standar banget, dan masak Quinoa pakai ini bisa banget...

Berhubung nggak ada sayur, saya memutuskan pakai kacang polong (ini sayur bukan ya?). Buat isiannya saya pakai chicken pastrami 2 lembar yang saya potong suwir dan 3 lembar lidah asap super tipis yang saya suwir juga. Bahan-bahan ini saya panaskan terlebih dahulu (kalau kacang polong saya taruh di air mendidih terlebih dahulu) di teflon, tanpa minyak sih karena kebetulan di lidah asap sudah dioles minyak sebelumnya. 

Isian tadi kemudian saya tumis pakai unsalted butter, plus telur 1 butir. Yep, saya campur aja gitu sampai telur terlihat matang (hehehe). 

Setelah Isiannya matang, quinoa dan bumbu jadi dimasukkan ke wajan. Sama persis kaya masak nasi goreng, deh!

Isian dan Quinoa kemudian dimasak, diudek (apa ya bahasa Indonesianya) sampai tercampur semuanya. Waktu mencampur ini baru saya tambahkan 1 sendok makan minyak goreng. 

YAY!
Beginilah keadaannya setelah semua tercampur rata. 

Quinoa Goreng siap disantap!

Super YUM!
Buat yang penasaran sama bentuknya Quinoa, ini foto jarak dekat ya..
Beda banget sama nasi, lebih tipis banget dr nasi.

Buat yang mau berbuka dengan yang sehat-sehat, yuk maree kita bikin Quinoa Goreng bareng-bareng.


Post a Comment
Related Posts with Thumbnails