Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Wednesday, July 2, 2014

Investasi Butuh Dana Besar? Siapa Bilang?

Beberapa bulan belakangan, saya sering banget nongkrongin Thread di FemaleDaily : Investasi  Reksadana di Sub-Thread Money & Talks. Dari awal mulanya bingung, sampai akhirnya keasikan dan berhasil keracunan member FD lain dari thread ini. Untungnya keracunannya membawa manfaat ya, jadi belajar berinvestasi hehehe.

Yang mau saya share kali ini adalah tentang IpotFund. IpotFund sendiri dibentuk oleh Indo Premier, dimana apabila kita bergabung dengan IpotFund, maka semua reksadana yang kita beli disini FREE SUBSCRIPTION IN/OUT* alias gratis (*selama dijual setelah lebih dari 1 tahun). Konsepnya hampir mirip dengan beberapa bank, hanya saja semua reksadana yang ditawarkan di IpotFund ini benar-benar free dan bisa dibeli dalam jumlah yang sangat murah, yakni mulai dari Rp 100.000,- saja.

Karena penasaran, langsung latah buka IpotFund.com dan daftar. Nggak lama kemudian dihubungi dong sama orang dari IpotFund (IF). Kepalang basah, akhirnya saya bilang dokumen bisa dipick-up awal minggu depan. Yap, dokumen asli yang sudah ditandatangan dan bermeterai tidak perlu kita serahkan langsung. Tinggal mengajukan service pick-up dokumen, nanti kurir dari IF akan ‘menjemput’ aplikasi kita.

Beberapa hari setelah penjemputan aplikasi, saya dapat email mengenai SID & SRE yang sudah aktif. Agak bingung, saya langsung menghubungi Customer Service IF. SID & SRE ini semacam Identification Number yang disyaratkan oleh OJK, dimana setiap investor baik pribadi maupun badan usaha wajib memiliki nomor ini. Nah, saya tanya lagi, sudah bisa transaksikah apabila SID & SRE sudah diperoleh? Ternyata belum, karena sebelum bertransaksi kita membutuhkan RDI (Rekening Dana Investor) yang akan jadi beberapa hari setelah SID & SRE jadi. Konsepnya sih RDI ini semacam rekening baru atas nama diri kita sendiri, yang mana setiap kita transfer ke rekening RDI ini, akan langsung diasosiasikan kepada rekening dana investasi tersedia kita di IpotFund.

RDI saya jadi kira-kira 2 hari setelah SID & SRE jadi. Seneng dan semangat banget! Langsung transfer 100 ribu ke RDI tersebut deh, dan Cuma tinggak klak klik klak klik langsung deh terbeli Reksadana yang saya mau. Gampang banget! Cuma yang harus diperhatikan sebelumnya, cek ulang apakah Manajer Investasi yang termasuk dalam List IpotFund adalah manajer investasi tujuan kamu, karena belum semua manajer investasi bergabung di IpotFund ini.

Anyway, ini bukan post berbayar yaaa..
Happy Investing!


 
Post a Comment
Related Posts with Thumbnails