Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Wednesday, April 13, 2011

Make Your Step!

This article was written for 
Sony : Lomba Karya Tulis Event (Kampanye 'Step Up Generation'). Happy Reading!!!

PS : 
This article was written in Indonesian languange. Please translate my writing with Google Translate or by clicking Translate Icon below!

-------------------------------------------------------------------------

Make Your Step!

Sebagai Generasi Muda yang melek teknologi, saya seringkali masih cukup kaget dan tidak percaya atas perubahan yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Dunia teknologi, yang 5 tahun lalu masih hanya sebatas Friendster, dan baru 2 tahun lalu mengenal apa yang disebut sebagai Facebook, sekarang telah berkembang cukup pesat. Bahkan perkembangan ini dapat dikatakan sangat pesat! Jika setahun yang lalu perkembangan mengenai berita dan peristiwa yang terjadi di dunia baru dapat diketahui ketika kita mendengarkan radio ataupun melihat acara news di televisi swasta, sekarang bahkan kita dapat mengetahui semua perstiwa yang terjadi hanya dalam jangka waktu sekian detik setelah suatu peristiwa itu terjadi bahkan di negara yang berjarak ber-ratusan ribu kilometer dari Indonesia.

Saya baru saja memulai membicarakan mengenai perkembangan dari efek teknologi di Indonesia, dan ini belum ada apa-apanya apabila dibandingkan dengan perkembangan gadget yang cukup cepat di dunia.  Secara ajaib, teknologi semakin membaik dalam semua aspek dan semakin 'ringan'. Jika pada beberapa tahun yang lalu Komputer masih sangat amat diagung-agungkan dan menjadi barang yang cukup 'mewah', dan Laptop berukuran 14" menjadi barang yang sangat amat langka, bahkan seringkali diidentikkan dengan para 'executive muda', sekarang setiap saya mengunjungi cafe atau mall terkemuka yang menyediakan fasilitas wifi, hampir seluruh pengunjungnya memandang Laptop, netbook atau bahkan Tablet PC yang ada di hadapan mereka. Belum lagi apabila kita membicarakan tentang Blackberry, alat komunikasi yang dulunya seringkali digunakan oleh pekerja kantoran untuk membantu mereka berkomunikasi dan mengakses email sehubungan dengan pekerjaannya, yang saat ini sudah dapat dikategorikan sebagai another lifestyle bagi kalangan muda.

Teknologi yang sangat berkembang pesat ini tentu saja membantu Indonesia menuju ke level yang lebih tinggi di hadapan dunia. Ketika dulu saya harus mengunjungi perpustakaan daerah, yang bahkan koleksi bukunya saja belum tentu lengkap, untuk mencari tahu mengenai suatu hal, sekarang saya tinggal membuka Laptop, Netbook atau bahkan handphone saya dan mengakses Google! Yang harus saya lakukan  hanyalah tinggal mengetikkan kata kunci terkait dengan apa yang ingin saya cari, dan dalam hitungan detik beribu bahkan berpuluh ribu informasi telah muncul di layar perangkat yang saya gunakan, menunggu untuk diklik! Saya tidak perlu mandi, berganti baju atau bahkan sikat gigi, karena dengan piama yang saya pakai malam harinya, semua informasi tetap bisa saya akses! 

Jauh berbeda dengan keadaan dimana teknologi internet masih merupakan hal yang langka. Saya ingat betul 8 tahun yang lalu, ketika saya masih berada di bangku sekolah menengah pertama (SMP), email yang saya buat seringkali saya gunakan untuk mengirim email kepada teman sebangku saya di kelas, yang bahkan saat saya kirim email tersebut sedang berada di box warnet sebelah. Pernahkah saya berfikir bahwa perkembangan internet bisa mencapai tingkat seperti hari ini, hanya dalam waktu 8 tahun? Tidak sama sekali. 

Jadi, Ya! Kamu bisa melakukan apapun sekarang! Batasan yang ada di seluruh dunia saat ini mulai luntur. Indonesia tidak lagi dianggap sebagai negara yang 'buta teknologi'. Bahkan tidak jarang pengguna internet diluar negeri menggunakan jasa web developer, web designer, serta jasa lainnya yang berasal dari Indonesia. Indonesia mulai berdiri dan berkembang, tidak lain karena generasi muda yang ada di Indonesia mulai sadar akan adanya teknologi, dan memanfaatkan semua teknologi yang ada beriringan dengan keahlian dan kecerdasan yang memang kita miliki sedari awal. Generasi Muda saat ini telah menunjukkan bahwa Indonesia Bisa! Akses informasi yang terbuka dimanapun dan kapanpun telah dapat dimanfaatkan dengan baik, karena bantuan perangkat informasi yang berkualitas dan tentu saja bantuan internet. Mobilitas yang tinggi dari generasi muda saat ini tidak lagi menjadi halangan, karena internet dan teknologi yang bisa diakses dimanapun juga! Ya, saya menyebutnya The Power of WWW dan HTTP!

Terkait dengan semakin tingginya mobilitas yang diikuti dengan kebutuhan akan teknologi internet dimanapun dan kapanpun, saya cukup senang ketika menemukan suatu produk dari Sony Vaio yakni sebuah Netbook dengan layar 11,6" yang dikemas dalam desain penuh gaya dan stylish! Seperti yang telah diketahui sebelumnya, saya selalu tergila-gila dengan semua hal POLOS dan WARNA-WARNI (atau colourful). Inilah yang pertama kali menarik saya untuk lebih mengetahui tentang produk ini. Vaio Seri YB ini sendiri memiliki motion gesture yang menarik, dimana netbook tersebut memiliki keyboard dan touchpad sekaligus!
Yang saya fikirkan ketika melihat produk ini hanyalah satu : Vaio Seri YB warna Fuschia pasti akan meningkatkan kreativitas saya dalam menulis, bekerja dan melakukan semua hal terkait dengan teknologi : mulai dari tweeting, blogging, akses semua berita terbaru dari seluruh dunia, dan lain sebagainya. Menarik, bukan? Menjadi Stylish dan Update Informasi dalam sekejap! 

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah langkahmu sekarang juga, karena bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan Indonesia dapat menghasilkan sebuah teknologi baru yang dapat membawa nama Indonesia ke kancah teknologi internasional!

Post a Comment
Related Posts with Thumbnails