Featured Post

Ayo Liburan bersama PegiPegi!

Berhubung kemarin tanggal 26 Oktober saya dan suami merayakan anniversary yang kelima, beberapa kali kami sempat mendiskusikan tentang renc...

Tuesday, October 19, 2010

Jakarta Fashion Week 2010/2011 : Menuju Jakarta, Kota Mode Dunia

Jakarta Fashion Week 2010/2011 :
Kota Mode Berikutnya?

Bulan November nanti, Jakarta bakal kebanjiran pecinta fashion di seluruh Indonesia. Pasalnya, tanggal 6 - 12 November 2010 di Jakarta bakal diadain pekan mode terakbar di Indonesia, yang nggak lain nggak bukan adalah Jakarta Fashion Week! Yap, event tahunan yang telah berjalan dari tahun 2008 ini bakal diadakan lagi di Jakarta tepatnya di Pacific Place Mall, Jakarta Pusat, yang terletak di daerah Sudirman ini.

Acara Jakarta Fashion Week 2010/2011 (JFW 2010/2011) itu sendiri didukung penuh oleh Pemprov DKI, Sunsilk Co-Creations, BNI dan juga Pacific Place itu sendiri diselenggarakan oleh Femina Group, dengan bantuan dari APPMI dan IPMI. Pemprov DKI sendiri bahkan telah mencantumkan JFW 2010/2011 dalam website mereka, yang mana menunjukkan adanya dukungan penuh dari pemerintah akan cita-cita dari Jakarta Fashion Week itu sendiri, yang tidak lain tidak bukan adalah memajukan fashion di Indonesia dan menjadikan Jakarta dan Indonesia sebagai salah satu kota mode di Asia, bahkan di dunia, seperti yang ditulis dalam megapolitanpos.com. 
 Event fashion tahunan terbesar di Indonesia ini nantinya akan diisi oleh lebih dari 100 Desainer yang turut berpartisipasi di dalamnya, lebih tepatnya sekitar 113 desainer telah mencatatkan diri untuk turut meramaikan acara ini. Jumlah ini meningkat dibanding JFW 2009/2010 lalu, yang "hanya" melibatkan 100 desainer saja. Tidak hanya desainer ternama saja, seperti Ghea Panggabean, Oscar Lawalata, Carmanita dan Anne Avantie saja yang nantinya akan turut serta di acara ini, tetapi juga banyak desainer muda yang akan turut serta, seperti Dina Vahada, Stella Rissa, Agnita dengan Twentyforteen-nya dan lain sebagainya. Bahkan di JFW 2010/2011 ini nanti juga terdapat beberapa acara yang secara khusus mengangkat mengenai desainer muda yang berbakat, yakni Cleo Fashion Awards (yang salah satunya diisi oleh CottonInk) dan Lomba Perancang Aksesori (LPA) 2010 yang diadakan secara tahunan oleh Femina Group itu sendiri.

Jakarta Fashion Week 2010/2011 tahun ini disongsong dengan tema Styling Modernity. Yang dimaksud dari Styling Modernity sendiri tidak lain ialah upaya penjembatanan antara kekayaan nusantara yang tradisional dan kreasi modern dimana Jakarta Fashion Week itu sendiri diharapkan dapat mencakup keragaman antara keduanya, seperti yang dikatakan oleh Baslir Djamal, Ketua Pelaksana JFW 2010/2011, dalam konferensi pers JFW 2010/2011 yang diadakan tanggal 6 Oktober 2011 lalu.
 Sebastian Gunawan on JFW 2009/2010 - credited to vivanews
kombinasi yang unik! Lace dipaduin dengan crop etnik!
Acara JFW 2010/2011 ini nantinya bakal dibuka oleh Parade Kebaya yang akan diisi oleh desainer-desainer berbakat, mulai dari Edward Hutabarat, Anne Avantie, Biyan hingga Priyo Oktaviano. Buat pecinta fashion yang berjilbab nggak perlu khawatir, karena di acara JFW 2010/2011 ini juga bakal diisi dengan desainer-desainer busana muslimah seperti Irna Mutiara dengan koleksi Irna La Perle-nya, Dian Pelangi, Itang Yunasz, Hannie Hananto, dan lain sebagainya.

Anne Avantie on JFW 2009/2010 - credited to here
 
 Dian Pelangi on JFW 2009/2010 - credited to here
Apabila ditilik dari tema JFW 2010/2011 kali ini, desainer dituntut untuk lebih kreatif dalam mengkreasikan kain-kain tradisional menjadi sesuatu yang fresh dan bergaya modern, sehingga tidak hanya dapat dinikmati oleh kalangan nasional saja tetapi juga kalangan internasional. Inilah salah satu upaya nyata dari Jakarta Fashion Week untuk mencapai cita-citanya tersebut. Walaupun begitu, dari tema tersebut dapat dilihat bahwa walaupun citarasa modern harus dapat digali, jangan sampai desainer-desainer Indonesia melupakan kekayaan nusantara yang beragam macam dan keindahannya. Untuk mendukung hal ini, di JFW 2010/2011 akan muncul peragaan busana dari Cita Tenun Indonesia, yang akan diisi oleh berbagai desainer ternama di Indonesia (termasuk Priyo Oktaviano!).

Priyo Oktaviano on JFW 2009/2010 - credited to here

Berikut ialah beberapa alasan kenapa kamu wajib nonton or at least mengikuti Jakarta Fashion Week 2010/2011 kali ini :

 - Acara Khusus Ghea Panggabean "Ghea 30 Years Dedicated to Fashion"
- Pagelaran Cita Tenun Nusantara : Cita Swarna Bumi Sriwijaya, 
menampilkan koleksi 9 Desainer ternama di Indonesia
- Cleo Fashion Award! 
(banyak desainer muda berbakat, seperti Danjyo/Hyoji, Vahada, Kleting, dsb)
- Dewi Fashion Knights
acara puncak dari JFW 2010/2011, diisi oleh StellaRissa, Priyo, Kiata Kwanda, Tex Saverio dan Ali Charisma
- Parade kebaya oleh Desainer ternama di Indonesia!
untuk jadwal lebih lengkap, bisa dilihat disini ya,, 
Me Personally can't wait for Priyo Oktaviano's collection! Udah liat kan koleksinya di JFW 2009/2010 kemaren? SUPERB!!! Kalo dilihat dari Jakarta Fashion Week 2009/2010, event JFW ini layak banget diperbandingkan dengan Paris Fashion Week atau NY Fashion Week. Indonesia mungkin masih berkiblat pada Milan atau Paris sebagai panutan modenya, tapi desainer Indonesia mulai berkembang di JFW dengan membawa style dan signature-nya masing-masing, tanpa melupakan hakekatnya sebagai orang Indonesia. Itulah yang diusung oleh Jakarta Fashion Week 2010/2011 kali ini. We are rich, jadi berkembanglah sekreatif dan semodern mungkin dengan membawa ketradisionalan kekayaan budaya Indonesia yang beragam ini.

another pics from JFW 2009/2010!

in love with those fuschia Kebaya dresses from Albert Yanuar! 
*credited to here

 perfecto! from Ghea Panggabean - credited here

Poppy Dharsono - credited here

Jeffrey Tan - credited here

So, Jakarta sebagai Kota Mode Dunia? Siapa takut! Mari berkembang dan mengembangkan fashion di Jakarta dan Indonesia bersama-sama melalui Jakarta Fashion Week 2010/2011!

Post a Comment
Related Posts with Thumbnails